Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

 

SUBTEMA 2 ( Manusia dan Lingkungan)

 

Pembelajaran 1

Muatan IPA

            Beberapa aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan anggota tubuh, seperti menulis, melempar bola, makan, berjalan, menendang bola, dan mengayuh sepeda.

            Anggota tubuh dapat bergerak karena adanya otot dan tulang.  Untuk menjaga agar otot dan tulang tetap kuat, kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta menjaga pola makan teratur.  Makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot, antara lain susu, daging, sayur-sayuran, dan telur.

Simaklah teks bacaan berikut dengan intensif!

Bersepeda

            Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.  Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai, serta ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar.  Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain.

            Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.  Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja.  Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja.  Namun, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh.  Dan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

            Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.  Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.  Efek positif dari hal ini adalah akan melancarkan peredaran darah dan oksigen.  Sehingga kita bisa terhindar dari gangguan yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah.  Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. 

            Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.  Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak dalam tubuh lambat laun akan hilang dan tubuh menjadi ideal.

            Karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.  Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah karena gula (glukosa) yang kita konsumsi berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi.  Penyakit diabetes juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan lainnya.

            Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stress.  Pada waktu pagi dan sore hari sambil bersepeda melihat indahnya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stress.

 

 

Muatan Bahasa Indonesia

            Pada materi sebelumnya, kamu sudah mempelajari tentang ide pokok dan cara menemukannya di dalam teks.  Kita mengingat kembali bahwa ide pokok merupakan inti permasalahan dari sebuah teks.  Sebuah teks biasanya terdiri atas beberapa paragraf.  Setiap paragraf memiliki ide pokok yang berbeda.  Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi ide pokok, kamu dapat menggunakan tabel.  Dan dari ide pokok yang sudah kalian tulis, kalian bisa menceritakan kembali ide-ide pokok teks  tersebut menggunakan bahasamu sendiri.

Contoh bentuk tabelnnya:


Nah,. sekarang coba kalian pahami materi di atas ya..bisa dengan cara membacanya kembali!

Dan bisa di catat bila ada hal yang menurut kalian penting.

 

“Semangat membaca”