Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

 

SUBTEMA I ( Organ Gerak Hewan)

 

PEMBELAJARAN 5

 Muatan IPA

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata (hewan bertulang belakang).  Sekarang kita akan lanjutkan kepada hewan avertebrata ( hewan tidak memiliki tulang belakang).  Contoh hewan yang termasuk ke dalam hewan avertebrata yaitu siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain. 

Adapu ciri-ciri hewan avertebrata yaitu:

1. Biasanya susunan syarafnya berada di perut

2. Memiliki rangka luar

3. Otaknya tidak terlindung oleh rangka



Nah, disekitarmu pastinya banyak sekali ya hewan avertebrata.  Kalian bisa mengamatinya sesuai dengan ciri-cirinya tersebut.

Selanjutnya, kita bisa melakukan perbandingan karakteristik antara kelinci dan siput, yaitu:

Karakteristik kelinci : 


a. Vertebrata

b. Gerakannya lincah dan cepat

c. Berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat

Karakteristik siput: 



a. Avertebrata

b. Gerakannya lambat

c. Berpindah tempat seolah-olah merayap





Muatan Bahasa Indonesia

Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.  Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci.  Siput juga dianggap menjijikkan karena tubuhnya yang penuh lendir.

Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.  Yang hal ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.  Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.  Sehingga ini akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada.  Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Setelah selesai membaca teks bacaan di atas, kita bisa menentukan ide pokok  dari setiap paragrafnya.

Paragraf 1 : siput  dianggap hewan yang lamban dan menjijikkan

Paragraf 2 :  siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.

Paragraf 3 :  siput  berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.


 Muatan SBdP

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustrasi.  Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi., yaitu sebagai berikut:

1. Realis 

Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.

2. Karikatur

Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun

Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor.  Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.


4. Dekoratif

Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.


Nah,. sekarang coba kalian pahami materi di atas ya..bisa dengan cara membacanya kembali!


“Semangat membaca”