Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

 SUBTEMA I ( Organ Gerak Hewan)

 

PEMBELAJARAN 6

 

Muatan IPA

            Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang belakang), yakni siput.  Berikut contoh hewan lain yang juga termasuk averebrata, yakni kupu-kupu.

Bacalah teks berikut ini dengan seksama.

 

Gerak Kupu-Kupu

     Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.  Warnanya indah dan menarik.  Banyak yang menyukainya.  Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga.  Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. 

Kupu-kupu termasuk hewan serangga.  Kepu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya.  Salah satu organ gerak yang istimewa tersebut adalah sayap.  Dengan sayap ini, maka menjadikan kupu-kupu dan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat warna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.  Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.  Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 300 C.

 

Dengan mempelajari organ gerak hewan, kita semakin tahu betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.  Sudahkah kamu menyayangi hewan?.  Kita harus menyayangi hewan yang ada di sekitar kita dengan cara tidak merusak habitat hidupnya dan memelihara dengan baik jika kita memiliki hewan peliharaan.

 

 

Muatan Bahasa Indonesia

 

            Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf.  Ide pokok terdapat dalam kalimat utama.  Jadi, sebelum menulis cerita, kita harus menentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kita kembangkan dalam cerita, dengan cara  mengamati dengan cermat dari sebuah gambar yang disajikan, kemudian membuat cerita tertulis dari gambar tersebut.

Adapun macam-macam paragraf yaitu:

1.      Paragraf  deduktif

2.      Paragraf induktif

3.      Paragraf campuran

 

Dari teks bacaan “Gerak Kupu-Kupu” kita bisa menentukan ide pokok dari setiap paragrafnya.

Misalnya paragraf 1 : Kupu-Kupu hewan yang lucu.

 

 

 

Muatan SBdP

 

Berdasarkan dari pembahasan hewan vertebrata dan avertebrata kita bisa membandingkan hewan tersebut  dengan membuat model sederhananya. Adapun bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat model hewan tersebut diantaranya karton, kardus, plastisin, maupun kawat.   Berikut contohnya.

 




Nah,. sekarang coba kalian pahami materi di atas ya..bisa dengan cara membacanya kembali!

 “Semangat membaca”