Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

 

SUBTEMA I ( Organ Gerak Hewan)

 

PEMBELAJARAN 3

 

Muatan PPKn

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila

            Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya.  Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman.  Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu.

1.      Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa

Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya.  Nilai dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda.  Tidak boleh memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.

 

2.      Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajad, persamaan keajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak.

Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, melakukan kegiatan kemanusiaan,dll.

 

3.      Persatuan Indonesia

Yaitu menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia.  Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, memajukan pergaulan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

 

4.      Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama.  Warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama.

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan semangat kekeluargaan.

 

5.      Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum.  Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan.  Mengembangkan sikap adil terhadap sesama, dan menghormati hak orang lain.



Muatan IPS



 Peta Kondisi Georgafis Negara Indonesia

 

 

 

 

 

Letak geografis merupakan lokasi berdasarkan posisi atau tempat sebenarnya dipermukaan bumi.  Letak geografis Indonesia berdasarkan peta berada di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Dan di antara dua samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Akibat letak geografis tersebut, Indonesia dipengaruhi angin muson barat dan timur.  Hal ini membuat Indonesia memiliki dua  musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.  Selain itu, letak Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah negara dan samudra.  Berikut batas wilayah Indonesia:

§  Sebelah utara: Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan.

§  Sebelah Selatan: Timor Leste, Australia, samudra Hindia.

§  Sebelah Barat : samudra Hindia

§  Sebelah Timur : Papua Nugini, dan samudra Pasifik

Indonesia menjadi salah satu negara terluas di dunia.  Total luasnya 5.180.083 km2 yang mencakup daratan dan lautan.  Dengan luas tersebut, Indonesia terbagi menjadi 34 provinsi.  Dan terdapat 5 provinsi yang menyandang status berbeda dengan memiliki otonomi khusus.

 

Muatan Bahasa Indonesia

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf.  Ide pokok disajikan dalam bentuk kalimat utama.  Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

 

Setelah kalian membaca secara intensif materi di atas, sebagai tugas jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyalin di buku tulis kalian dan kirim foto hasil tugas tersebut ke guru kalian!

1.         Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila!

 

 

 

Sila

Sikap yang Sesuai

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Tulislah bunyi dari sila-sila Pancasila!

3.      Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita.  Bagaimana dengan kamu? Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat tentang keadaan wilayah tempat tinggalmu!

4.      Berapa luas wilayah Indonesia?

5.       Berdasarkan pada bacaan di atas  yang berjudul “ Peta Kondisi Georgafis Negara Indonesia”.  Temukan ide pokok tiap paragrafnya!