Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Quran Hadits Pelajaran 2

 

SURAT AL-MA'UN

          Tahukah kamu orang yang mendustakan agama dan orang yang sholat tapi mendapat celaka? Siapakah mereka? Mengapa mereka bisa menjadi celaka? Untuk mengetahui jawabannya mari kita membaca, memahami dan menghafal surah al Ma'un dengan baik, agar kita tidak digolongkan kedalam pendusta agama.
         Surah Al Ma'un terdiri dari 7 ayat dan tergolong kedalam surah Makiyah. Kata Al Ma'un sendiri diambil dari ayat ke 7 yang mempunyai arti barang - barang yang berguna.



 



Terjemah Surah Al Ma'un :

Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama ?

Maka itulah orang yang menghardik anak yatim

Dan tidak mendorong memberi makan orang miskin

Maka celakalah orang yang sholat 

(Yaitu) orang - orang yang lalai terhadap sholatnya

Yang berbuat riya'

Dan enggan ( memberikan) bantuan


Pokok isi kandungan surah Al Ma'un

Dalam suar Al Ma'un dijeaskan bahwa yang termasuk orang yang mendustakan agama adalah :

Orang yang suka menghardik anak yatim. Menghardik adalah menyakiti, tidak menyanyangi, tidak memperhatikan kebutuhan sehari - hari, tidak memperhatikan pendidikanya. Anak yatim adalah anak yang ditinggal wafat ayahnya. Yatim piatu adalah anak yang yan ditinggal wafat kedua orang tuanya dibawah umur 11 tahun. Anak yatim sudah tidak mempunyai tempat berkasih sayang, yaitu orang tua. Seharusnya kita merasa ikut prihatin dengan cara menyanyangi mereka.

Orang yang tidak mendorong memberi makan orang miskin. Disekitar rumah kamu pasti ada orang miskin. Apakah kamu sudah memberikan bantuan ? Sepertinya halnya anak - anak yatim, orang - orang miskin juga sangat memerlukan bantuan. Mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari hari. Menolong orang miskin akan diberi pahala yang besar oleh Allah SWT dan merupakan akhlak yang baik. Orang yang tidak mendorong atau menganjurkan maksudnya adalah orang yang tidak mau memperhatikan, memberi makan atau memberi bantuan kepada orang miskin. Bahkan sebaliknya, mereka mengumpulkan harta benda untuk kesenangan sendiri, padahal disekitarnya banyak orang yang membutuhkanya.

Orang yang lalai dalam sholatnya. Apakah kamu termasuk orang yang sering lalai dalam sholat? Sholat adalah ibadah yang wajib dikerjakan umat islam dan termasuk rukun islam. Orang yang mengulur- ngulur waktu sholat juga dianggap lalai, apabila orang yang mengaku islam tetapi tidak mengerjakan sholat. Allah SWT akan mengancam orang orang yang sholat tapi selalu lalai dan tidak khusuk dalam sholatnya, serta orang yang melakukan sholat karena ingin dipuji oleh orang lain, pamer, dengan memasukkan mereka ke "neraka wail".

Orang yang berbuat riya'. Riya' adalah melakukan sesuatu bukan karena Allah semata, tetapi ingin di puji dan dilihat oleh orang lain. Orang yang riya' mengerjakan sholat hanya karena ingin dilihat  dan puji oleh orang lain, seperti ingin dipuji ayah ibu, kakak adik maupun teman. Sholat harus benar benar karena Allah SWT.

Enggan menolong atau memberikan bantuan. mempunyai kemampuan baik harta maupun tenaga dan pikiran tetapi tidak mau membantu maupun menolong orang yang membutuhkan termasuk salah satu ciri pendusta agama. Oleh karena itu selagi kita mampu, antulah orang yang berada disekitar kita.

 

Nah, setelah kita mempelajari surah Al-Ma’un, maka kita harus berupaya untuk menghindari perbuatan yang menyebabkan kita termasuk pendusta agama.

Dan kita harus melatih diri kita agar peka terhadap kesusahan orang lain, berlemah lembut kepada anak yatim, suka menolong, bersungguh-sungguh dalam melaksanakan sholat dengan niat semata-mata mencari keridhoan Allah swt.

 

Catatlah bila ada hal-hal yang menurut kalian penting!