Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

SUBTEMA I ( Organ Gerak Hewan)

PEMBELAJARAN 4

Muatan IPS


Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui keadaan geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta.  Peta merupakan gambaran suatu daerah dengan menggunakan skala tertentu.  Sedangkan denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat.


Berikut kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya pulau-pulau besar di Indonesia.

1.   Pulau Sumatra.



                                         Pulau Sumatra merupakan pulau terluas ke lima di dunia.       Merupakan wilayah perairan, sehingga banyak terdapat daerah rawa.  Di wilayah timur terdapat sungai besar seperti sungai Musi, Batanghari, Asahan, Inderagiri, dll.  Di wilayah barat sampai selatan membentang bukit barisan.  Di Sumatra banyak gunung berapi aktif seperti Marapi, Talang, Sinabung, dll.


2. Pulau Jawa



Pulau Jawa merupakan wilayah terluas ke lima di Indonesia dan pulau terbesar ke 13 di dunia.  Sebagian besar tanah di pulau Jawa adalah tanah yang subur karena terdapat deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat dengan endapan alluvia sungai.


3. Pulau Kalimantan



Wilayah Kalimantan didominasi oleh hutan hujan tropis yang kaya akan pohon berkayu besar.  Bagian selatan terdiri atas dataran rendah, pantai, rawa, perbukitan dan pegunungan.  Bagian tengah terdapat pegunungan Maratus yang membujur dari utara hingga selatan.  Bagian timur terdapat daerah perbukitan berupa hutan primer, hutan sekunder, semak belukar, dan padang ilalang.  Bagian barat terdapat dataran rendah berupa rawa monoton, rawa banjir, rawa pasang surut, dan daerah alluvial.  


4. Pulau Sulawesi



Wilayah Sulawesi merupakan daerah yang terjal dan berbukit-bukit.  Di Sulawesi banyak terdapat palung laut dan basin sehingga membentuk seperti Selat Makasar, Laut Flores, dan Laut Banda.  Di Sulawesi terdapat 41 gunung.  Dan sebagian besar wilayah merupakan daerah vulkanik.

 

5. Pulau Papua



Pulau Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau Greenland.  Sebagian besar daratan Papua merupakan hamparan hutan belantara.  Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus.  Puncak tertinggi di Indonesia berada di Papua, yakni puncak Jayawijaya yang sebagian puncaknya ditutupi salju.


6. Pulau Nusa Tenggara



Keadaan geografis Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berbukit-bukit dengan daratan tersebar secara sporadik / tidak merata pada gugusan yang sempit.  Pada pulau yang dominan, permukaannya berbukit dan bergunung-gunung, diapit daratan tinggi atau perbukitan dengan kondisi kemiringan tanah yang curam.  Sehingga lahan pertanian sangat terbatas.


Muatan PPKn


Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan


Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis.  Karena masyarakat akan sering melakukan silaturrahmi dan kerjasama.  Sehingga terjalin solidaritas yang akan memunculkan rasa empati dan simpati, serta mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan prinsip dalam gotong royong.  Gotong royong adalah kerja bersama dan perjuangan saling membantu.  Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama,  tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.  

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional.  Karena semua masyarakat merasa saling memiliki.  Dengan gotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ada gangguan.


Muatan Bahasa Indonesia

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf.  Ide pokok disajikan dalam bentuk kalimat utama. Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Paragraf Deduktif

Adalah paragraf yang posisi gagasan pokok  atau kalimat utamanya berada di awal paragraf.

2. Paragraf Induktif

Adalah paragraf yang posisi gagasan pokok  atau kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

3. Paragraf Campuran

Adalah gabungan antara paragraf deduktif dan induktif.  Paragraf ini diawali oleh kalimat utama, diikuti kalimat penjelasnya dan terakhir diakhiri oleh kalimat utama lagi.


Dari materi yang sudah kita bahas di atas, tugas kalian sekarang adalah:

1. Mengetahui, dan memahami tentang kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

2. Mengetahui dan memahami bahwa gotong royong merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

3. Rajin membaca cerita atau teks bacaan agar dapat memahami tentang ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas!