Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan Materi Tema 1(ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

 Subtema 2 

Pembelajaran 6

 

Muatan IPA

      Kita telah mengetahui bahwa tulang dan otot bekerja secara bersama-sama. Tulang sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif. Tulang satu dengan tulang lainya dihubungkan dengan sendi. 




       Selain sendi, otot juga memiliki macam macam gerak. 

Macam gerak otot pada manusia:

1.      Gerak menekuk atau meluruskan, yaitu gerakan yang dilakukan pada bagian sendi engsel dan pelana. Contoh gerakan menekuk atau meluruskan antara lain gerakan lutut, siku, dan ruas ruas jari tangan

2.      Gerak menurun atau menekan ke bawah, yaitu gerakan menurun atau menekan kearah bawah menggunakan bagian tubuh. Contgerakan ini antara lain gerakan menghentakkan kaki, menekan benda menggunakan tangan,  dan gerakan mulut terbuka karena tulang rahang bawah bergerak ke arah bawah.

 

3.      Gerak menaikkan, yaitu gerakan yang dilakukan dengan menaikkan bagian tubuh. Contonya antara lain gerakan pada saat mulut terbuka kemudian kembali menutup. Hal ini karena terjadi gerakan naiknya tulang rahang bawah yang semula di bawah kembali kearah atas. Sedangakan contoh lain  gerakan jalan di tempat dan berlari.

 

4.      Gerak memutar, yaitu gerakan yang dilakukan pada sendi putar dan peluru. Contohnya gerakan kepala menengok kanan dan kiri, serta gerakan berputarnya lengan.

 

5.      Gerak menjauhkan dan mendekatkan tubuh, yaitu gerakan dilakukan dengan menjauhkan dan mendekatkan tubuh. Contohnya gerakan merentangkan tangan dan menggerakkan kaki kearah samping.

 

Cara menjaga dan merawat otot adalah:

1.      Menghindari gerakan yang membebabni kerja otot secara berlebihan

2.      Melakukan peregangan

3.      Latihan rutin

4.      Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

5.      Mengonsumsi makanan yang bergizi

6.      Meringankan nyeri otot