Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RINGKASAN MATERI TEMA I ( ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA)

  SUBTEMA I ( Organ Gerak Hewan)

 PEMBELAJARAN I

Muatan IPA

Organ Gerak Manusia dan Hewan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak.  Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh.  Makhluk hidup  akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak sehingga bisa berjalan, berlari, melompat, memegang, dan sebagainya.  Adapun alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan memiliki kesamaan, yaitu berupa alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.  Kerjasama antara kedua alat gerak ini disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena  tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya tanpa adanya alat gerak aktif.  Akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.  Sedangkan otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. 


Muatan Bahasa Indonesia

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraph.  Ide pokok disajikan dalam bentuk kalimat utama.  Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di khir paragraf.

Contoh :

Paragraf 1 dari teks berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”.



Sebagai tugas, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menyalin di buku tulis kalian dan kirim foto hasil tugas tersebut ke guru kalian!

1. Temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari paragraf di bawah ini!

         Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam.  Yaitu organ gerak pasif berupa tulang, dan organ gerak aktif berupa otot.  Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Ide pokok          :…

Kalimat pengembang   : …


2. Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. 

Tuliskan 3 nama hewan dan pola gerak dari masing-masing hewan tersebut!